6 Cara Tepat Bersihkan Merk Oven Tanam Yang Bagus

merk oven tanam yang bagus
2 min read

Anda mungkin sudah punya beberapa incaran merk oven tanam yang bagus untuk membuat kegiatan masak-memasak semakin menyenangkan. Oven tanam belakangan ini banyak dipilih berkat fitur kepraktisannya yang memudahkan.

Namun, oven tanam juga tetap butuh perawatan maksimal agar awet hingga belasan atau puluhan tahun. Bagaimanakah caranya? Simak informasinya yuk!

Cara Tepat Merawat Oven Tanam

Harga oven tanam yang tak murah akan sayang jika kurang dirawat dengan baik. Supaya performanya tetap terjaga, begini cara tepat merawat built-in oven : 

  1. Rutin dibersihkan

Tidak membersihkan sisa makanan tertinggal akan membuatnya terus-menerus terbakar hingga sulit dibersihkan, bahkan aromanya menempel pada masakan yang sedang dibuat.

Jika sering digunakan, bersihkan oven selesai digunakan dan pastikan tak ada yang tersumbat.

  1. Buat jadwal perawatan

Buatlah jadwal deep clean oven setidaknya dua kali dalam setahun, anda bisa meminta bantuan tenaga ahli sekaligus mengecek komponen.

Ada beberapa oven dilengkapi program defrost dan disinfecting yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan bagian dalam setelah digunakan.

  1. Jangan lepaskan kenop

Semakin sering oven digunakan, kenop umumnya jadi lengket dan kotor. Bersihkanlah kenop dengan kain microfiber secara perlahan, namun hindari melepasnya karena biasanya terkoneksi dengan sistem kontrol.

  1. Tetap hati-hati saat digunakan

Ketika oven digunakan memasak atau memanggang, anda tetap harus berhati-hati dengan cara melapisi baking paper di bagian bawah rak untuk meminimalisir cipratan ke seluruh bagian dalam oven.

Selesai masak pun jangan lupa mengelap residu setelah oven dingin.

  1. Bersihkan rak

Tak hanya bagian bawah oven saja yang perlu dibersihkan, tetapi setiap raknya juga harus dicuci.

  1. Cek gasket oven

Setiap oven dilengkapi gasket atau karet untuk ‘mengunci’ hawa panas tak keluar oven. Seiring pemakaian, gasket juga kotor bahkan membuat hawa panas keluar dan masakan jadi kurang matang.

Bersihkanlah gasket secara rutin, atau ganti bila mulai pecah-pecah.

Apapun merk oven tanam yang bagus milik anda akan menjadi investasi terbaik yang perlu dirawat sesering mungkin. Supaya performanya tetap stabil, usahakan rutin membersihkan dan menggunakan oven dengan baik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours