8 (Delapan) Kelebihan Genset Portable

Ilustrasi genset portable
2 min read

Genset portable diperlukan pada area yang belum teraliri atau mengalami kendala pasokan listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara). Diantara beragam jenis genset ada yang namanya genset portable. Berikut beberapa kelebihannya.

Desain yang Ringkas

Genset portable adalah model genset yang paling ringkas. Bentuknya yang kompak itu memudahkan bisa disimpan dimana saja. Jadi cocok bagi yang lahannya terbatas. Bisa juga digunakan pada saat rekreasi, karena mudah dibawa-bawa.

Bobot yang Ringan

Selain ukurannya yang cenderung kecil jika dibandingkan dengan genset yang biasa, maka genset portable juga cukup ringan bobotnya.

Mudah Dipindah-pindahkan

Ukurannya yang cukup kecil dan bobotnya yang cenderung ringan tersebut membuat genset portable juga mudah untuk dipindah-pindahkan dan diangkut ke mana saja. Apalagi dalam desainnya biasanya juga telah dilengkapi dengan roda, guna memudahkan pemindahannya.

Fleksibel Penggunaannya.

Karena kemudahannya bisa dipindahkan kemana saja itu membuat pemakaiannya menjadi fleksibel. Genset portable bisa ditempatkan dan digunakan dimana saja. Terutama di bangunan yang belum teraliri listrik di lahan konstruksi hingga di tanah lapang sekalipun, untuk berbagai kegiatan outdoor.

Tidak Bising

Genset portable biasanya termasuk jenis genset silent, yang telah dilengkapi dengan peredam suara. Dengan begitu maka kerjanya tidak akan berisik.

Instalasi yang Mudah

Proses instalasi genset portable juga relatif sederhana. Kemudahan pemakaiannya ini membuat jadi sangat praktis sekali. Pemakai hanya perlu mengisikan bahan bakarnya saja. Lalu hubungkan genset portable dengan peralatan yang memerlukan daya arus listrik, guna pemakaiannya. Kemudian nyalakan genset protablenya. Tak perlu prosedur yang rumit dan persiapan untuk instalasi yang panjang.

Efisiensi Bahan Bakar

Genset portable pada umumnya memang dirancang untuk efisiensi bahan bakar. Sehingga kebutuhan konsumsi bahan bakarnya pun bisa relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan besarnya daya yang dihasilkannya. Dapat menekan dan menghemat biaya operasional.

Fitur yang Lengkap dan Otomatis

Biasanya genset portable juga telah dilengkapi dengan beragam fitur otomatis yang canggih dan sangat membantu dan memudahkan pemakaiannya. Dalam hal ini seperti sistem deteksi pemadaman listrik, sehingga genset portable bisa dengan otomatis menghidupkan diri. Hal ini sangat praktis sebab tidak memerlukan pengawasan genset secara terus-menerus. Juga ada beberapa yang telah menerapkan aneka fitur keselamatan. Seperti fungsi perlindungan dari overloading, juga sistem shutdown otomatis pada suhu berlebih, serta indikator level bahan bakar, yang mampu membantu mencegah kerusakan genset serta memberi keamanan tambahan, dan bisa membuat umur pakainya lebih panjang.

Meski tersedia dalam beragam kapasitas namun biasanya genset portable hanya tersedia dalam kapasitas yang kecil dan harganya juga cenderung lebih mahal.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours