Ini Dia Jenis Griddle Gas Di Pasaran

griddle gas
2 min read

Griddle gas merupakan salah satu alat masak yang saat ini cukup populer. Alat masak ini memiliki permukaan datar yang banyak digunakan untuk menumis dan memanggang makanan. Instalasinya hampir sama dengan kompor, di mana gas valve disambungkan dengan selang dan regulator pada tabung gas, kemudian dipanaskan untuk memasak makanan. 

Jenis-Jenis Gas Griddle

Ada dua jenis gas griddle secara umum yaitu dengan pelat standar (flat) tanpa lekukan (grooved) dan dengan plat standar yang memiliki lekukan. Saat ini sudah tersedia berbagai jenis gas griddle di pasaran yang berbeda dari segi fitur, kapasitas, dan kualitas. Berikut ini adalah beberapa jenis gas griddle yang umum dijumpai.

Gas Griddle Dengan Stand

Alat yang satu ini memiliki pelat standar yang memungkinkan Anda untuk mengangkutnya dengan mudah. Griddle with stand menggabungkan fungsi kompor gas dan wajan datar besi atau baja pada sebuah rangka penyangga.

Gas Griddle Tanpa Stand

Sesuai dengan namanya, gas griddle ini tidak memiliki pelat standar dan harus dilengkapi dengan meja. Gas griddle tanpa stand biasanya lebih kecil dan lebih ringan daripada griddle dengan stand, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dipindahkan dan disimpan.

Untuk tipe ini, Anda mungkin perlu membungkuk atau menggunakan meja atau permukaan lain untuk menopangnya saat memasak. Selain itu, jenis griddle ini bisa lebih mudah goyang dibandingkan griddle gas dengan stand. 

Griddle with Grooved and Flat Surface

Gas griddle yang satu ini memiliki permukaan yang bersifat lebar dan datar. Permukaan yang lebar memungkinkan untuk memasak makanan dengan cara digoreng atau dipanggang. Griddle ini biasanya memiliki permukaan berupa sisi datar dan sisi beralur (bergaris).

Sisi datar cocok untuk memasak makanan yang membutuhkan kontak langsung dengan permukaan panas, seperti pancake dan telur. Pada griddle ini, panas akan menyebar merata di permukaan datar sehingga menghasilkan tekstur yang garing pada makanan.

Sementara itu sisi beralur pada jenis griddle gas ini ideal untuk memasak makanan yang mengeluarkan banyak lemak atau minyak, seperti burger, sosis, dan sayuran. Adanya alur pada permukaan dapat membantu mengalirkan minyak dan lemak sehingga tidak terlalu berminyak. Garis-garis pada permukaan juga menciptakan grill mark yang indah pada makanan, sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours