5 Manfaat Moisturizer Anti Jerawat untuk Kulit Berminyak

moisturizer
3 min read

Kulit berminyak memberikan kesan mengkilat pada wajah. Namun bukan berarti Anda tidak perlu menggunakan pelembab. Justru moisturizer anti jerawat akan membuat kulit wajah tetap sehat.

Selain menghilangkan jerawat, pelembab anti acne juga memiliki berbagai kelebihan lain. Cari tahu lebih banyak tentang manfaat moisturizer anti acne dalam artikel berikut.

Menjaga Kulit Terhidrasi

Rutin membersihkan wajah seperti pedang bermata dua bagi pemilik kulit berminyaks. Di satu sisi minyak berlebih pada kulit dapat berkurang secara signifikan. Akan tetapi rutinitas ini juga akan membuat wajah kehilangan kelembaban alaminya.

Hal ini terjadi karena senyawa aktif yang terdapat pada produk sabun pembersih tidak hanya mengikat minyak tapi juga melarutkannya dengan air. Disinilah pelembab anti jerawat akan sangat bermanfaat bagi kulit berminyak. Dengan menggunakan pelembab, kulit akan terhidrasi kembali dan tidak kering.

Menutrisi Kulit Berminyak

Perlu diketahui bahwa pelembab anti jerawat digolongkan menjadi 2 jenis utama. Jenis pertama adalah humektan yang dapat menarik air dari dalam kulit menuju epidermis. Sementara itu pelembab berjenis emolien mampu menghaluskan dan melembutkan kulit secara efektif. 

Jika kulit Anda berminyak, ada baiknya memilih moisturizer anti acne yang bersifat emolien. Sedangkan humektan sebaiknya dihindari saja. Karena sifatnya yang menyerap air dari dalam kulit, wajah Anda akan lebih berminyak jika menggunakan pelembab jenis ini.

Membuat Kulit Tampak Cerah

Pada umumnya, formula moisturizer anti jerawat yang terdapat di pasaran juga dilengkapi SPF. Bahan aktif ini tidak hanya menutrisi dan menjaga kesehatan kulit tapi juga menjaganya dari radiasi sinar UV.

Selain SPF, pelembab anti jerawat juga dilengkapi dengan ekstrak bahan alami lainnya yang juga dapat menutrisi dan mencerahkan kulit. Tentunya bahan-bahan ini sangat bermanfaat mengingat kulit berminyak rentan terlihat kusam. Dengan pelembab mengandung SPF dan bahan alami lainnya, kulit berminyak akan tampak lebih cerah.

Kulit Elastis dan Mencegah Iritasi

Polusi, produk kosmetik, dan makanan yang dikonsumsi merupakan beberapa alasan yang menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Dengan rutin mengaplikasikan pelembab anti jerawat dan menjaga kelembaban, keelastisan kulit pun dapat dipertahankan. Tidak hanya itu, kulit yang lembab juga tidak akan mudah terkena iritasi. 

Riasan Wajah Lebih Sempurna

Tahukah Anda bahwa moisturizer anti jerawat juga dapat membuat riasan tampak lebih baik? Hal ini bisa terjadi karena riasan akan lebih sulit diaplikasikan pada kulit kering. Itu sebabnya, pelembab selalu diaplikasikan terlebih dahulu sebelum proses makeup dimulai.

Setelah menggunakan pelembab, pastikan produknya meresap dengan sempurna ke dalam pori-pori sebelum mulai merias. Dengan demikian, produk makeup yang Anda aplikasikan bisa melekat dengan sempurna di kulit untuk waktu yang lebih lama. Jadi, jangan ragu menggunakan pelembab anti jerawat untuk kulit berminyakmu ya!

More From Author

+ There are no comments

Add yours