Mengenal Apa Itu Besi Hollow Dan Fungsinya

3 min read

Bagi yang tak berkecimpung di dunia industri, tentu nama besi Hollow masih asing di pendengaran. Jual Besi Hollow sendiri diambil dari kata Hollow dalam bahasa Inggris yang memiliki makna rongga. Hal ini berhubungan dengan bentuk besi Hollow yang mirip seperti pipa panjang dengan rongga yang diameternya berbentuk segiempat. Banyak pula yang mengatakan besi ini berbentuk kotak sehingga disebut juga dengan pipa berbentuk kotak. Besi Hollow merupakan salah satu jenis baja ringan yang memiliki nama partitioning di BLKP. 

Berbicara tentang besi ini, terdapat berbagai keunggulan darinya. Mulai dari penggunaannya sebagai penopang atap atau plafon. Tak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk membuat pagar, railing atau media pengaman di rumah bertingkat, rangka kanopi, tralis, dan masih banyak lagi. Ada pula yang memanfaatkannya untuk pemasangan panel GRC atau panel gypsum. Nah, yuk bahas fungsinya lebih dalam!

  1. Sebagai rangka plafon atap

Besi berongga yang memiliki kekuatan struktural ini sangat tepat menjadi kerangka dari plafon atap. Besi Hollow pun menjadi pilihan yang tepat untuk dimanfaatkan pada kerangka atap bangunan. Sebab, mempunyai karakter kokoh sehingga bisa dijadikan penopang kuat untuk kerangka plafon atap. Apalagi bobotnya yang ringan membuat besi ini menjadi material yang memiliki banyak fungsi dan pilihan tepat untuk struktur atap bangunan. 

  1. Pagar serta ralling

Rumah dengan kelengkapan sudah menjadi tren baru yang populer. Tak hanya melengkapi desain mewah sebuah rumah, tetapi pagar juga berfungsi penting untuk keamanan. Nah, sesuai perkembangan trend tersebut juga mulai muncul pengaplikasian besi Hollow untuk pagar maupun railing balkon. Tak hanya kuat, material ini pun memiliki tampilan visual yang unik serta estetik. 

  1. Furnitur hunian industrial

Terdengar aneh memang, akan tetapi untuk Anda yang ingin mengambil konsep industrial di hunian, bisa memanfaatkan pengaplikasian besi yang satu ini. Apalagi besi Hollow bisa menambah kesan pembangunan yang belum selesai lebih kental. Tentu akan unik sert klasik penggunaan besi Hollow untuk yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan besi Hollow sebagai penyangga atau gantungan lampu yang artistik. 

  1. Penyangga partisi ruangan

Di masa sekarang, memisahkan ruangan bisa menempuh cara yang efektif, yaitu dengan memanfaatkan partisi. Anda tak perlu lagi membangun tembok tinggi untuk membatasi ruangan karena cukup dengan partisi yang bisa dipindahkan dan memiliki nilai keindahan sangatlah efisien. Nah, untuk menyangga partisi tersebut, Anda pun bisa memanfaatkan besi Hollow. Mengingat besi ini mempunyai karakter yang kokoh serta fleksibel untuk menyangga partisi  dari berbagai jenis material.

Demikianlah fungsi dari besi Hollow yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan bangunan. Dari sifatnya yang kokoh dan ringan, besi ini memang cukup fleksibel untuk digunakan maupun diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan bangunan. Eits, tetapi jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan mengenali tipe-tipe dari besi ini. Ada empat tipe besi ini yang perlu Anda ketahui sebelum memilih karena setiap tipenya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours