Perawatan Besi Plat Strip Untuk Menjaga Kualitas Dan Penampilan

potret jembatan hitam putih
3 min read

Besi plat strip atau plat strip merupakan pilihan material yang banyak dimanfaatkan dalam konstruksi berkat kekuatan dan daya tahannya yang tinggi. Meski demikian, bukan berarti material ini sama sekali tidak butuh perawatan.

Dengan langkah-langkah perawatan yang tepat, Anda justru bisa benar-benar merasakan manfaat dari besi plat strip dalam jangka panjang. Dan berikut ini beberapa tips perawatan besi plat strip yang dapat Anda lakukan.

Tips Memilih dan Penyimpanan Plat Besi Strip

  • Pilih plat besi strip yang berkualitas.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda memang memilih plat besi strip yang berkualitas. Untuk memastikannya, Anda bisa cek terlebih dahulu ketebalan, kualitas permukaan plat strip, serta sertifikat kualitas dari penjual terlebih dahulu.

  • Penyimpanan yang benar.

Bagaimana Anda menyimpan plat strip juga sangat berpengaruh pada kualitas dan ketahanannya. Pilihlah tempat yang kering serta terhindar dari kelembaban. Selain itu, jauhkan plat strip dari bahan-bahan kimia yang bisa merusak dan bersifat korosif.

Melindungi Plat Strip dari Korosi

  • Pelapis anti-korosi.

Aplikasikan produk anti-korosi pada permukaan plat besi strip, seperti cat, pelapis serbuk, atau galvanisasi. Pilihan jenis produk pelapis anti-korosi perlu Anda tentukan berdasarkan penggunaan dan lingkungan di mana plat strip nantinya akan digunakan.

  • Situasikan lingkungan sekitar.

Apabila memungkinkan, Anda juga bisa kontrol situasi lingkungan sekitar untuk menjaga ketahanan plat strip. Usahakan untuk menjaga agar tingkat kelembabannya rendah, minimalisir kontak besi plat strip dengan air, serta jauhkan dari bahan kimia yang bersifat merusak.

Pemeriksaan dan Perawatan Rutin

  • Rutin bersihkan permukaan plat strip dan beri pelumas.

Langkah yang satu ini perlu Anda lakukan secara rutin dan berkala. Cukup bersihkan permukaan plat strip dari berbagai jenis kotoran agar kualitas dan ketahanannya bisa selalu terjaga. 

Saat membersihkan plat besi strip, pastikan bahwa Anda menggunakan produk pembersih yang lembut dan tidak bersifat korosif. Misalnya cukup menggunakan air yang sudah dicampur dengan sabun yang mild.

Selain itu, aplikasikan pelumas pada permukaan plat strip. Tujuannya adalah untuk melindungi permukaan plat strip dari korosi ataupun aus.

  • Rutin cek kondisi secara visual.

Lakukan pemeriksaan plat strip secara visual agar Anda bisa segera mengidentifikasi adanya tanda-tanda kerusakan. Misalnya retak dan korosi. Cara ini perlu Anda lakukan secara rutin agar Anda bisa segera lakukan tindak lanjut yang tepat demi mencegah risiko kerusakan yang lebih parah.

  • Segera perbaiki kerusakan.

Begitu Anda mengidentifikasi adanya tanda-tanda kerusakan pada permukaan plat besi strip, segera lakukan tindak lanjut agar kerusakannya tidak bertambah parah. Tergantung pada apa jenis kerusakan yang terjadi, Anda bisa mengelas retakannya, mengganti bagian yang sudah rusak, atau melapisi kembali permukaan besi plat strip yang terkena korosi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours