Cara Kerja Ice Flake Machine

kumpulan es batu
3 min read

Ice flake machine adalah mesin untuk membuat es menjadi serpihan kecil-kecil. Serpihan es sendiri adalah es kecil yang akan digunakan dalam berbagai kebutuhan mulai dari untuk kebutuhan kuliner atau warungan maupun kebutuhan untuk mengawetkan ikan-ikan segar yang ada di supermarket. 

Jenis serpihan es ini adalah es yang bisa dibilang sangat hemat apalagi untuk mendinginkan ikan-ikan segar yang ditangkap. Bukan untuk mendinginkan ikan saja melainkan juga untuk mendinginkan ayam, mendinginkan beton untuk proyek, mendinginkan hasil bumi baik sayuran, makanan olahan, minuman dan aplikasi toko komersial. 

Membuat Es dengan Mesin Flake 

Jenis es kecil ini dibuat dengan cara menyemprotkan maupun menuangkan air ke dalam permukaan yang dingin untuk mendinginkan es menjadi berbagai serpihan. Untuk bentuknya sendiri biasanya berbentuk silinder maupun drum. Nantinya air akan membeku pada permukaan menjadi lapisan es yang tipis setebal 2 sampai 3 cm. Untuk pengikisnya sendiri untuk menghilangkan es menjadi potongan kecil seperti pecahan-pecahan kaca

Bongkahan es yang sudah hancur, maka akan masuk pada kompartemen berpendingin yang bisa digunakan untuk disimpan. Silinder yang didinginkan akan berputar di bidang vertikal maupun yang horizontal. Variasi serpihan es ini yang disebut dengan es-es keping.

Es keping ini akan diproduksi dengan mensirkulasikan air pada silinder pembuat es dengan dikelilingi oleh koil evaporasi. Air yang dibekukan di dalam silinder nantinya didinginkan dengan suhu mulai dari -12 sampai dengan -30 derajat. 

Apa Untungnya Menggunakan Ice Flake Machine?

Untuk keuntungan selama menggunakan ice flake machine diantaranya sebagai berikut ini:

  • Serpihan es yang akan dibentuk menggunakan mesin ini membuat penggunaan yang lebih mudah, cepar dan juga praktis. Karena suhu panasnya yang bisa membantu menghancurkan es lebih cepat dan pastinya lebih awet. Produksi yang besar dengan waktu yang singkat sangat cocok dipilih. 
  • Penyimpanan yang mudah. Dibilang mudah karena bentuknya yang seperti serpihan akan lebih mudah untuk disimpan pastinya. Apalagi di berbagai warung yang membutuhkan es dengan cepat dan praktis tanpa memakan tempat maka serpihan es ini sangat tepat untuk digunakan. 
  • Alat ini memiliki kelebihan dari segi perawatannya. Karena mesin ini lebih mudah digunakan dibandingkan dengan aturan standar pabriknya. 
  • Daya Listrik yang akan digunakan juga tidak banyak karena mesin ini sangat ramah lingkungan dan memiliki kompresor yang stabil. 
  • Suku cadang yang sangat mudah didapatkan memudahkan banyak orang memiliki mesin dan jika nantinya harus melakukan perawatan rutin maupun jika ada mesin yang mereka miliki mengalami kerusakan. 
  • Mesin ice flake machine juga memiliki desain yang modern. Bahkan ukurannya bisa disesuaikan dengan jenis, type dan juga merk yang akan dipilih. Desainnya yang modern juga bahkan bisa dijadikan sebagai pajangan interior. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours