Begini Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas Freezer

kulkas freezer
2 min read

Memiliki kulkas freezer di rumah memang cukup fungsional. Tidak hanya berfungsi untuk membuat es abut, namun juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan yang ingin kamu bekukan dan dimasak dilain hari.

Tapi, jangan asal menyimpan dengan meletakkan di freezer saja ya, kamu juga harus memperhatikan kebersihannya. Apalagi jika kulkas freezer juga kamu gunakan untuk menyimpan makanan ringan seperti es krim. 

Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara agar makanan kamu tetap awet dan freezer kamu tidak bau.

Gunakan Ziplock Bag atau Food Container

Banyak dari kita sering mengabaikan menyimpan makanan di freezer dengan menaruhnya di food container atau ziplock bag. Percaya atau tidak, makanan akan lebih awet jika kamu menyimpannya lebih dulu di dalam plastik ziplock atau tempat khusus makanan.

Selain awet, ini juga akan mencegah bau yang tidak sedap bercampuran di makanan. Apalagi jika kamu ingin menaruh makanan seperti daging bersamaan dengan membuat es batu. Tentu akan lebih efisien jika kamu menggunakan ini.

Pisahkan Makanan Berdasarkan Jenis

Terkadang, bau yang bercampuran juga datang dari isi kulkas yang bermacam – macam dan bercampuran tidak karuan, apalagi di freezer yang memang sering menjadi sumber utama bau di kulkas.

Oleh karena itu, lebih baik kamu pisahkan makanan. Olahan makanan seperti sosis, tempura dan lainnya dijadikan satu, begitu juga dengan daging mentah, seafood dan jenis makanan lain yang kamu simpan.

Beri Label Tanggal Penyimpanan

Menyimpan makanan di kulkas freezer terkadang kita juga lupa kapan menaruhnya. Malah jadi tidak termakan karena lupa. Untuk menghindari itu agar tidak terbuang percuma, berilah label kapan kamu menyimpan makanan. Ini juga untuk menghindari menyimpan makanan terlalu lama.

Beri Ruang Pada Freezer

Jangan terlalu menumpuk banyak sekali makanan di dalam freezer. Paling tidak sisakan sedikit ruang kosong dan simpan beberapa tumpuk saja (sekitar 2 – 3). Tentu saja ini dilakukan agar proses pembekuan makanan bisa lebih sempurna dan tidak ada bagian makanan yang jadi cepat basi karena tidak membeku dengan baik.

More From Author

+ There are no comments

Add yours