Tips Dan Cara Membersihkan Mesin Deep Fryer

gas deep fryer
2 min read

Selain Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan mesin gas deep fryer, Anda juga harus tahu, bagaimana cara membersihkan mesin tersebut. Alasannya agar mesin tetap terjaga kebersihanya dan hasilnya mesin jadi lebih awet. Berikut adalah beberapa tips dan cara membersihkan mesin gas deep fryer yang harus Anda tahu, yaitu :

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Pertama tama, siapkan aneka alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan mesin gas deep fryer tersebut. Adapun alat dan bahan yang dimaksud, yaitu :

  1. Kertas tisu
  2. Cuka
  3. Sabun cuci piring
  4. Baking soda
  5. Sponge brush
  6. Lap bersih

Cara membersihkan  

Setelah alat dan bahan Anda siapkan, berikutnya mulai proses pembersihan. Adapun yang harus Anda lakukan, yaitu :

  1. Jika mesin deep fryer masih panas, atau baru selesai digunakan, sebaiknya biarkan hingga dingin. Tapi jangan sampai benar benar dingin. Sebab, jika minyak sudah dalam kondisi dingin, maka akan sulit dibersihkan. Selanjutnya saring sisa minyak yang masih bersih, untuk dipergunakan kembali.
  2. Bersihkan sisa minyak yang masih menempel di permukaan saringan, dan juga dinding deep fryer, dengan menggunakan kertas tisu kering.
  3. Berikutnya isi deep fryer dengan air panas, hingga penuh. Jangan lupa campurkan juga sabun cuci piring, dan nyalakan deep fryer, hingga air mendidih. Jika sudah mendidih, matikan kompor, dan biarkan air hingga dingin, dan buang air sabun tersebut.
  4. Tahap selanjutnya, masukan campuran air dan cuka, dengan perbandingan 9 : 1 untuk cuka. Biarkan selama 5 menit, kemudian buang air rendaman cuka tersebut, dan keringkan kembali menggunakan kertas tisu.
  5. Terakhir, buat pasta dari bahan baking soda dan air. Caranya dengan mencampurkan baking soda dan sedikit air, aduk hingga rata dan membentuk adonan pasta. Sedikit catatan, banyak tidaknya baking soda yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran tangki yang Anda miliki.

Oleskan pasta baking soda tersebut, pada bagian deep fryer yang masih berminyak. Diamkan selama beberapa menit, kemudian gosok menggunakan sponge brush, terutama pada bagian yang tidak kasar.

  1. Bilas kembali deep fryer dan juga kawat saring, menggunakan air hangat, dan keringkan menggunakan lap bersih.  

Dari penjelasan di atas tentunya tidak sulit untuk membersihkan deep fryer. Anda yang mempunyai alat deep fryer di rumah, tentunya dapat mencoba mempraktekannya, agar mesin senantiasa terjaga kebersihannya, hasilnya mesin pun jadi awet.

More From Author

+ There are no comments

Add yours