5 Tips Memilih Convection Oven Terbaik Untuk Baking

roti dengan daging sedang ingin dipanggang di oven
3 min read

Memanggang kue pastinya akan sangat terasa menyenangkan bila dilengkapi dengan peralatan yang memadai Aktivitas dan sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah convection oven gas yang dapat menunjang Anda saat akan membuat kue. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat akan memilih oven.

1.Pelajari Lebih Banyak Jenis – Jenis Oven

Sebagai seorang pemula di dalam dunia baking, convection oven gas merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh para baker. Pertama Anda harus mengenal kelebihan dan juga kelemahan dari jenis oven incaran Anda. Ada tiga jenis oven yang seharusnya Anda tahu , yaitu oven listrik, oven kompor dan oven gas otomatis. 

  1. Menyesuaikan Kapasitas Oven dengan Kebutuhan

Mayoritas pemula bakery sering lupa untuk mempertimbangkan kapasitas dari Industrial convection oven gas yang akan mereka pilih. Banyak yang membeli oven dengan kapasitas yang kecil dengan produksi kue banyak sehingga proses produksinya kurang efisien. 

Hal tersebut karena lebih membutuhkan waktu yang lama dalam pemanggangan dengan jumlah yang besar tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus tahu kesalahan apa saja pada pemakaian oven supaya dapat mengantisipasi adanya kerusakan di mesin maupun kesalahan selama penggunaan oven tersebut. 

  1. Pertimbangan Kemudahan dalam Penggunaan dan Juga Perawatannya

Pada saat Anda akan menentukan steam convection oven gas mana yang akan dipilih dan kue bisa matang dengan sempurna, maka harus mempertimbangkan dari segi keawetan mesinnya dalam jangka waktu yang panjang. Kemudahan cara pembersihan oven juga menjadi salah satu faktor yang penting dan harus selalu diperhatikan. 

Hal tersebut karena nantinya yang akan dijual merupakan sebuah produk makanan, selain rasa kebersihan merupakan syarat yang paling utama dari para konsumen nantinya. 

  1. Perhatikan Fitur Pada Oven

Adanya berbagai fitur di dalam oven tersebut juga bisa dijadikan pertimbangan saat akan memilih oven yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya adanya fitur control thermo dan juga alarm sistem akan memudahkan Anda untuk mengatur suhu di oven dan settingan alarm agar bisa tahu kapan roti atau kue Anda matang. 

Ada juga oven yang dilengkapi dengan glasswool, yaitu panas yang nantinya dihasilkan dari dinding oven supaya tidak menyebar ke dalam ruangan oven lainnya. Material body mesin yang full stainless steel akan mempunyai ketahanan pada mesin yang sangat tinggi dan bisa tahan lama tanpa adanya tanda keausan maupun penyusutan karena penggunaan. 

  1. Pilih Brand yang Memberikan Garansi

Pemilihan dari brand convection oven gas untuk Anda jadikan sebagai investasi di usaha bakery Anda akan menjadi langkah penentu oven mana yang cocok untuk Anda beli. Ada banyak sumber yang bisa Anda gunakan untuk melihat review dari produk tersebut. 

Bisa didapat lewat internet, sosial media seperti youtube, google, instagram atau sumber-sumber yang terpercaya seperti testimoni maupun referensi langsung dari pelanggan sebelumnya yang sudah pernah menggunakan brand tersebut. Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor untuk membentuk image brand. 

Ada tiga hal yang harus Anda tahu sebelum akhirnya membeli oven tersebut, contohnya ketahanan pada mesinnya dan juga ketersediaan garansi service maupun value dari brand tersebut. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours