Tips Merawat Penghisap Debu, Bisa Awet Pol Sampai Tahunan!

penghisap debu
2 min read

Tidak hanya badan yang membutuhkan perawatan, mesin-mesin canggih yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan juga butuh diperhatikan. Jangan salah, dengan perawatan yang salah mesin tersebut akan mudah rusak dan tidak tahan lama. Untuk menghindari hal tersebut, anda harus memperhatikannya dengan baik. berikut tips merawat penghisap debu

Jangan Gunakan Penghisap Debu Untuk Mengangkat Partikel Besar

Fungsi utama penghisap debu yaitu untuk mengangkat partikel-partikel kecil yang tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan sabu atau lap kain. Untuk itu, agar penghisap debu awet dan terhindar dari kerusakan jangan gunakan untuk mengangkat partikel besar. Anda bisa membersihkannya dengan sapu atau alat lainnya untuk partikel besar. 

Buang Debu Dari Kantong Sebelum Terisi Penuh 

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu membuang kotoran yang ada di penampungan atau kantong penghisap debu agar tidak bertumpuk satu sama lain sehingga menyebabkan kerusakan. 

Jangan Memaksakan Penggunaan Mesin Ini

Setiap mesin memiliki kapasitas tersendiri dalam bekerja. Agar lebih awet hendaknya anda tidak memaksakan kerja mesin. Jika sudah digunakan dalam jangka waktu lama, anda bisa mengistirahatkannya, , baru menggunakannya kembali. 

Bersihkan Komponen Penghisap Debu Secara Teratur 

Kunci dari suatu mesin awet dipakai yaitu rajin dibersihkan setelah digunakan. meskipun mesin bersih-bersih ini berfungsi menghisap debu, namun perlu juga diperhatikan kebersihannya. Anda bisa membersihkan bagian-bagian penting seperti filter, pipa, hingga kantong penghisap debu. Dengan begitu, mesin tidak berkarat dan lusuh. 

Mematikan Penghisap Debu Setelah Dipakai 

Salah satu cara agar penghisap debu bisa tahan lama yaitu mematikan mesin ketika selesai dipakai. kesalahan fatal pengguna yaitu ketika menggunakan lupa mematikan mesin sehingga performa mesin menjadi menurun. 

Simpan Ditempat Kering 

Untuk menghindarkan alat penghisap debu dari tumbuhnya jamur dan kerak membandel, alangkah baiknya dilakukan penyimpanan di tempat yang kering alias tidak lembab. Dengan begitu pertumbuhan jamur bisa terhalau dengan mudah. 

Demikian pembahasan mengenai tips merawat penghisap debu agar awet sampai tahunan. Perlu diingat, semua mesin perlu dirawat agar tidak mengalami kerusakan. Jadi perhatikan mesin-mesin yang digunakan.

More From Author

+ There are no comments

Add yours