Inilah Proses Pembuatan Pipa Seamless

pipes
3 min read

Pipa seamless adalah salah satu pipa yang sering digunakan karena memiliki kekuatan yang baik. Pipa ini juga tahan korosi sehingga bisa digunakan bertahun-tahun. Pipa ini sering dipakai oleh beberapa industri besar seperti gas dan minyak. Selain kokoh dan tahan korosi, pipa ini juga tahan terhadap tekanan tinggi sehingga cocok sekali untuk beberapa industri besar. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait pipa ini, perhatikan beberapa hal dibawah ini. 

Mengenal Pipa Seamless

Pipa seamless merupakan jenis pipa baja yang mempunyai karakteristik berbeda dibandingkan dengan pipa lainnya. Pipa ini mempunyai sambungan las pada permukaannya. Inilah yang membedakan pipa seamless dengan jenis pipa lainnya yang mempunyai beberapa sambungan las. Pipa seamless ini dibuat dengan metode khusus untuk menghasilkan pipa baja yang kokoh tanpa sambungan. Hal ini tentu saja berdampak bagus terhadap penggunaan di industri. Pipa seamless ini terbuat dari perpaduan baja karbon dan paduan yang mempunyai bentuk panjang dan silinder. Pipa ini mempunyai kekuatan mekanik dan daya tahan tinggi sehingga tahan terhadap segala tekanan dan suhu tinggi. 

Metode Pembuatan Pipa Seamless

Setelah mengetahui pengertian pipa seamless, saatnya mengetahui proses pembuatan pipa ini. Pembuatan pipa ini melalui beberapa metode detail. 

  1. Mandrel Mill Process Seamless

Metode pembuatan pipa seamless ini adalah yang paling lazim digunakan. Proses pembuatan pipa dengan metode ini dilakukan dengan cara memanaskan billet baja agar mencapai suhu yang diinginkan. Lalu, billet itu ditarik melalui mandrel yang sedang berputar. Proses ini berfungsi sebagai penopang internal pipa yang dibentuk. Hal ini berguna untuk membuat dinding pipa mempunyai ketebalan dan ketebalan yang konsisten. Metode pembuatan pipa ini menghasilkan pipa seamless yang kuat dan permukaan halus. 

  1. Mannessman Plug Mill Process

Metode pembuatan pipa seamless yang kedua adalah memakai mannessman plug mill process. Proses ini dilakukan dengan menggunakan roll untuk membuat lobang di bagian tengah billet baja. Billet yang sudah mulai dipanaskan ini ditekan diantara dua plug yang sedangan berputar kencang. Kemudian, gesekan antara plug dan billet membuat penipisan pada dinding pipa. Pipa ini memudahkan Anda untuk membuat pipa seamless dengan berbagai ketebalan dan variasi. 

  1. Push-Bench Process

Metode pembuatan pipa seamless ini memakai pendekatan berbeda dibandingkan dengan metode pembuatan pipa seamless lainnya.Saat Anda memakai metode ini, Anda harus meletakkan billet di cetakan dan didorong oleh alat penekan untuk membentuk pipa seamless. Cetakan pipa ini membuat Anda bisa memproduksi pipa seamless dengan cepat. Metode pembuatan pipa ini berguna untuk membuat pipa dengan diameter besar dan ketebalan minimalis. Itulah tadi beberapa metode yang digunakan untuk membuat pipa seamless. 

More From Author

+ There are no comments

Add yours