Mengenal Tipe-Tipe Besi Pipa Kotak, Apa Sajakah Fungsinya?

2 min read

Nama besi pipa kotak, bisa jadi belum familier untuk Anda, terutama jika Anda juga asing dengan dunia bangunan dan konstruksi. Namun, bisa jadi Anda sudah mengenal nama lainnya yaitu besi Hollow yang terkenal sering dipakai dalam sebuah proses pembangunan.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa tipe dari besi pipa kotak serta mengetahui apa saja fungsinya.

  1. Tipe Hitam

Tipe besi pipa kotak yang pertama adalah tipe hitam. Tipe yang satu ini dikenal kuat dalam menghadapi berbagai kondisi. Besi pipa kotak dengan tipe hitam dibuat dengan memakai bahan yang disebut baja canai panas.

Umumnya, besi hollow dengan tipe ini akan dipakai dalam berbagai proyek yang lengkap

  1. Tipe Galvanize

Tipe besi pipa kotak kedua yang perlu Anda kenal selanjutnya adalah besi pipa kotak dengan nama tipe Galvanize. Tipe ini merupakan tipe yang paling terkenal. Kelebihan dari besi pipa kotak dengan tipe ini adalah tahan terhadap korosi.

Ketahanan tersebut datang dari perpaduan dua bahan pembuatnya yaitu material canai dingin dan material canai dingin.

Besi pipa kotak dengan tipe Galvanis kerap dipakai sebagai bagian eksterior maupun interior rumah dikarenakan daya kuatnya yang terbilang oke.. Sebagai informasi, ada baiknya Anda menambahkan atau menggunakan lapisan anti karat ketika hendak memakainya.

  1. Tipe Galvalume

Selanjutnya, ada besi pipa kotak dengan tipe galvalume. Kandungan dari pipa dengan tipe Galvalume adalah 1,6 % silikon,43,4 %zinc dan 55% alumunium.

Kelebihan dari pipa besi tipe Galvalume adalah tahan terhadap karat. Kadar ketahanannya bahkan konon melebihi ketahanan yang dimiliki oleh tipe galvanize.

Hanya saja tipe Galvalume lebih sensitif kepada goresan jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Kelemahan lainnya dari tipe ini adalah memiliki kemungkinan yang tinggi untuk mengalami pelapukan serta dapat dikatakan tidak punya daya tahan terhadap semen.

  1. Tipe Gypsum

Keempat, ada tipe gypsum yang juga dapat dikatakan sebagai tipe yang sangat terkenal di kalangan masyarakat.

Tipe gypsum ini terkenal karena beberapa kelebihan yang dimilikinya seperti tahan dari serangan rayap, bisa dipakai untuk waktu yang lama, ringan serta kuat dan kokoh.

Besi pipa kotak dengan tipe gypsum ini banyak dipakai untuk menjadi rangka plafon maupun dipakai sebagai pengganti dari kayu.

Ukuran pipa besi dengan tipe gypsum ini bisa dibilang ada banyak variasi, namun contoh ukuran yang banyak digunakan adalah 0,3 mm sampai 0,4 mm.

Itulah dia tipe-tipe dari besi pipa kotak yang juga dikenal sebagai besi hollow. Semoga dengan membaca informasi yang Kami bagikan di atas, bisa membantu Anda untuk lebih memahami tentang jenis-jenis besi.

More From Author

+ There are no comments

Add yours